Saturday, March 14, 2015

Takwa dan Karakteristik Orang-orang Bertakwa

Taqwa adalah karakter, sikap, prilaku dan kebiasaan. Taqwa adalah hasil, bukan proses. Proses menuju taqwa, di antaranya adalah dengan menjalankan Ramadhan berdasarkan manajemen Rasul Saw. seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Taqwa adalah buah dari keimanan yang mendalam yang melahirkan ketaatan, ibadah, harapan dan ketakutan mutlak kepada sang Pencipta, yakni Allah Ta’ala saat menjalankan kehidupan di dunia yang fana ini.
Sebab itu, taqwa harus dapat dilihat pengaruh dan ciri-cirinya dalam kehidupan. Taqwa harus menjadi tema terpenting setelah iman. Karena iman yang tidak melahirkan taqwa tidak akan bermanfaat banyak dalam kehidupan dunia dan tidak pula di akhirat kelak.
Saking pentingnya, dalam Al-Qur’an tedapat sekitar 158 ayat yang membahas taqwa dan juga puluhan hadits Rasul Saw. Di antara cakupan makna taqwa adalah takut, beribadah, meninggalkan maksiat, mengesakan dan ikhlas kepada Allah.
Dari ayat dan hadits tersebut kita dapat mengetahui dengan mudah karakteristik muttaqin (orang-orang bertaqwa). Di antaranya seperti yang tercantum dalam surat Al-Baqoroh : 3 – 5 dan 177 serta surat Ali Imran : 133 – 138. Dari ayat-ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa di antara sifat muttaqin ialah :
1. MENJADIKAN AL-QUR’AN SEBAGAI PETUNJUK HIDUP
2. MEMAHAMI KONSEP KEIMANAN DENGAN BENAR
3. MEMILIKI TANGGUNG JAWAB SOSIAL (BERINFAQ DALAM KEADAAN LAPANG DAN SEMPIT)
4. MENEGAKKAN SHOLAT DAN ZAKAT (AHLI IBADAH)
5. MEMILIKI MORALITAS YANG TINGGI (MENEPATI JANJI, MAMPU MENAHAN MARAH)
6. SABAR MENGHADAPI BERBAGAI KESULITAN HIDUP
7. MAMPU MENGENDALIKAN MARAH / DIRI
8. MEMILIKI SIFAT PEMA’AF
9. BANYAK BERZIKIR & ISTIGHFAR (BERTAUBAT) PADA ALLAH

10. SELALU MUHASABAH DIRI TERHADAP ATURAN MAIN ALLAH

No comments:

Post a Comment