Friday, April 3, 2015

Gerhana Bulan Total Menghiasi Langit Indonesia

Jakarta, bimasislam— Gerhana Bulan Total akan terjadi lagi dilangit Indonesia tercinta. Fenomena gerhana adalah kejadian yang sangat unik bagi kita, karena pada saat itu posisi Matahari, Bumi dan Bulan berada pada satu garis lurus sehingga cahaya Bulan purnama akan gelap tertutup oleh Bumi. Hal ini merupakan bukti kebesaran Allah dan sudah sepantasnyalah bagi kita untuk mensyukuri hal ini.

Berdasarkan data astronomis Gerhana Bulan Total akan terjadi pada hari Sabtu (04/04/2015) bertepatan dengan tanggal 14 Jumadil akhir 1436 H. mulai pukul 17.15 WIB. Hampir diseluruh kawasan Indonesia dapat mengamati fenomena alam ini. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 19.01 WIB dan akan berakhir pada pukul 20.44 WIB. Demikian dikatakan oleh H. Nurkhazin, Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat ketika ditemui bimasislam diruang kerjanya.

“Mari kita amati fenomena Gerhana Bulan Total ini, karena fase gerhana Bulan kali ini cukup lama, hampir 2 jam 30 menit, sehingga sangat mungkin untuk kita mengamati kebesaran Allah ini.” Ujar ahli falak ini. “Dimungkinkan bagi yang akan menyaksikan Gerhana Bulan ini dengan menggunakan “mata telanjang” jika situasi langit cerah tidak mendung atau berawan, akan tetapi kami menyarankan agar menggunakan alat teropong bulan (theodolit atau teleskop).” Tambahnya.

 “Gerhana, baik gerhana Bulan maupun gerhana Matahari adalah salah satu dari tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala. Keduanya terjadi bukan karena kematian atau kelahiran seseorang, tetapi semata bagian dari sunnah kauniyah yang merupakan ayat-ayat Allah Ta’ala dalam alam semesta.” Tegas anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama ini.
Oleh karena itu, Nurkhazin menghimbau umat Islam agar dapat melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah. Sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad saw. Shalat gerhana ini termasuk shalat sunah muakkadah (shalat yang dianjurkan). Selain itu, pada saat terjadinya gerhana dihimbau bagi umat Islam untuk memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. (jamarky/foto:illustrasi)

Sumber : http://bimasislam.kemenag.go.id

No comments:

Post a Comment